Tips Aman Belanja Online Dijamin Tidak Tertipu

Spread the love

Firdaus Wibowo – Melihat dari perkembangan teknologi yang ada, kita semua tahu bahwa internet menjadi salah satu komoditas yang sangat di butuhkan oleh masyarakat zaman now.

Seiring perkembangan zaman, era teknologi mempengaruhi pekerjaan manusia, aktifitas manusia, bahkan melahirkan generasi-generasi manusia baru, generasi micin misalnya. Termasuk dalam sektor perdagangan, para pedagang yang tidak melek media, akan tergerus dengan pedagang yang kekeinian. Nah, semakin banyak pedagang yang kekinian membuat semakin menjamurnya toko Online, sehingga memudahkan kita untuk berbelanja barang-barang yang kita inginkan.

jualbelionline - Tips Aman Belanja Online Dijamin Tidak Tertipu

Eits, walaupun begitu terkadang ada juga oknum yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menipu orang-orang dengan berbagai modus, salah satunya belanja online. Banyak sekali penipuan yang terjadi di Dunia Maya, dan mirisnya jarang tertangkap, sudah pasti jarang tertangkap.

Nah berikut ini aku akan share cara-cara atau tips aman belanja Online dijamin tidak tertipu – Pengalaman sih yaa. Tapi, bukan berarti setelah kamu membaca artikel kali ini, kamu tidak akan tertipu. At least km bisa tau cara-cara supaya tidak tertipu.

Tips Aman Belanja Online Dijamin Tidak Tertipu

Berikut ini adalah tips yang akan aku bagikan ke kalian, tips berikut adalah pengalaman dari aku sendiri. Karena belanja online jauh berbeda dengan belanja yang bukan online, jadi berikut adalah tipsnya:

1. Selalu Belanja di Toko Online

Toko Online sampai saat ini toko online adalah sarana paling aman untuk belanja Online. Pilihlah Toko Online yang sudah terkenal, memiliki reputasi bagus dan memang sudah memiliki nama. Aku sendiri sering berbelanja Online yang sudah tidak terhitung berapa kali aku belanja di toko Online www.shopee.com. Bedakan antara toko Online dan website biasa. Contoh toko online adalah Lazada, Shopee, Wallmart, dsb.

2. Selalu Gunakan Rekber (Rekening Bersama) Jika Bukan Toko Online.

Jika kamu berbelanja bukan di Toko Online, melainkan hanya di toko yang ada di facebook atau akun lainnya, kamu bisa menggunakan RekBer, atau jasa rekening bersama demi keamanannya. Biasanya ini dilakukan jika jual-beli Akun.  rbAdapun sistem RekBer sendiri adalah, kamu men-transfer uang ke rekber dahulu, yang sebelumnya sudah di sepakati bersama melalui perjanjian yang dilakukan 3 belah pihak (pembeli-rekber-penjual), kemudian setelah kamu transfer uang ke rekber, si rekber akan memberi tahukan informasi ke penjual, bahwsanya uang sudah di transfer, kemudian si penjual harus memberikan barangnya. Dalam memilih rek-ber di usahakan berhati-hati, hanya pilih rekber yang sudah terpercaya saja.

Rekomendasi Rekber: Tri Haryanto, link fb: https://web.facebook.com/kolektor.unik Aku sendiri pernah bertransaksi dengan beliau, dan rekomendasi deh, beli juga selaku admin di p-store

3. Hindari Transfer ke Rekening Penjual Langsung, Jika berbelanja di toko Online.

Terkadang ada beberapa penjual Nakal yang nekat memasang iklan di toko Online, ketika calon pembeli menghubunginya, malah di ajak via instant message, seperti wa. Sekedar bertanya dan informasi sih tidak masalah, tapi jika sampai diajak ber-transaksi langsung, tanpa melewati pihak ketiga (toko online tsb) sedangkan dia memasang iklan di toko online, nah ini perlu di waspadai.

4. Pastikan Penjual Sudah Memiliki Testimoni ASLI

Jika menjumpai toko Online yang ada di sosial media, seperti Instagram misalnya. Pastikan penjual sudah memiliki testimoni asli dari pembeli, atau minimalnya situs resmi dan alamat toko. Testimoni asli sangat penting sekali untuk kita calon pembeli, jika testimoni sudah ada dan di pastikan asli, maka kita tidak akan ragu lagi untuk transaksi dengan penjual tsb.

Atau lihat juga kapan dia membuat akun-nya, jika di facebook, coba perhatikan kapan dia membuat akun toko online tsb, jika sudah berdiri bertahun-tahun dengan komentar yang positif mungkin saja memang asli, tapi jika tidak, hanya beberapa hari, di tambah akun yang nggak meyakinkan, dsb, lebih baik jangan di teruskan.

5. Selalu periksa Reputasi Penjual

Jika beranda di situs jual beli online seperti Shopee, bukalapak, tokopedia, dsb, selalu cek reputasi dan komentar di toko tersebut. Bukan berarti yang belum punya reputasi tidak terpercaya, akan tetapi akan lebih baik untuk calon pembeli jika bisa memeriksa reputasi toko tersebut, selain merasa lebih aman, biasanya merasa lebih mendapat rekomendasi dari situs online itu sendiri.

 

Kesimpulannya:

Jika berbelanja Online supaya Hati-hati, jangan sampai sudah tertipu baru menyesal. Ciri-ciri toko Online yang tidak terpercaya sebetulnya bisa terlihat, dari mulai harga murah (banget), miring (Banget), iming-iming yang tidak masuk akal, dan lain sebagainya, maka dari itu, kita sebagai netizen/calon pembeli supaya lebih berhati-hati.

ciao!

 

Firdaus Wibowo

Ngeblog memang berdasarkan hobi, di saat semua orang sudah main youtube/vlog sampai bocah SD review Pomade susu kental manis, aku masih setia dengan blog walaupun juga ada channel youtube - pecinta hal-hal yang berbau #KereGarisKeras!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *