2017 12 17 401f3777 little rock   memphis   birmingham   jackson   florida   new orleans - Kesalahan Flat Earth #1: Semua Foto Bumi Merupakan Hasil CGI/Editan

Spread the love

Firdaus Wibowo – Pada tahun 2015, Aku di kejutkan dengan teori flat earth yang “kembali” mem-booming. – Kesalahan Flat Earth #1: Foto Bumi Semua CGI/Editan.

Sebelum masuk ke Materi, Di mohon untuk membaca secara keseluruhan dulu, sebelum akhirnya berkomentar. Please, kita di zaman modern, jangan hanya “debat kusir”, jangan malas membaca dan berhenti mencari informasi, tapi sangat semangat sekali berkomentar.

Memang ini sudah lama, bahkan aku sudah sedikit malas membahasnya, soal flat earth. Memang soal flat earth disini sedikit ambigu, karena si pembuat mencantumkan sumber yang sangat menyerupai aslinya, seperti asli dan seperti relevan. Tapi hanya “seperti” jadi tidak benar-benar relevan.

Untuk orang awam, memang ini sangat meyakinkan sekali, awam saya maksud adalah awam dari Internet (mungkin baru kali pertama di Internet, atau baru beberapa bulan saja menginjak dunia Internet). Aku tidak mengatakan bahwa aku bukan awam, aku master Internet, tidak. Aku juga orang awam, aku juga masih baru di Internet.

Berkat salah satu channel Indonesia yang rela membuat (atau me-remake) opini dari luar negeri yang mengatakan bahwasanya Bumi itu Datar. Sebelumnya, perlu kalian ketahui aku bukanlah ahli dalam bidang ini,  aku bukan ahli fisika, kimia, atau IPA itu sendiri, bukan. Aku bukan juga ahli math, ahli dalam bidang perhitungan atau ahli dalam bidang antariksa, BUKAN. Melihat background saya yang seperti itu, jadi tidak ada alasan dari bidang itu untuk kelian supaya percaya kepada ku.

Opini kali ini adalah hasil dari riset ku sendiri, tentu saja bukan “murni” melainkan dari internet. Beberapa sumber akan aku cantumkan di akhir artikel.

Hal pertama yang akan aku bahas adalah benarkah Semua Foto Bumi Merupakan Hasil CGI/Editan?

Pertama, apa sih CGI itu? dan kapan ditemukan CGI?

Menurut Wikiepdia:

Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak. Permainan video umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), namun juga sering menggunakan “adegan tengah” (cutscene) yang telah dirender dan film-film pembuka yang mirip dengan penggunaan CGI. Ini dinamakan Full Motion Video (FMV). – Versi Indonesia

Computer-generated imagery (CGI) is the application of computer graphics to create or contribute to images in art, printed media, video games, films, television programs, shorts, commercials, videos, and simulators. The visual scenes may be dynamic or static and may be two-dimensional (2D), though the term “CGI” is most commonly used to refer to 3D computer graphics used for creating scenes or special effects in films and television. Additionally, the use of 2D CGI is often mistakenly referred to as “traditional animation”, most often in the case when dedicated animation software such as Adobe Flash or Toon Boom is not used or the CGI is hand drawn using a tablet and mouse.

The term ‘CGI animation’ refers to dynamic CGI rendered as a movie. The term virtual world refers to agent-based, interactive environments. Computer graphics software is used to make computer-generated imagery for films, etc. Availability of CGI software and increased computer speeds have allowed individual artists and small companies to produce professional-grade films, games, and fine art from their home computers. This has brought about an Internet subculture with its own set of global celebrities, clichés, and technical vocabulary. The evolution of CGI led to the emergence of virtual cinematography in the 1990s where runs of the simulated camera are not constrained by the laws of physics. – Versi Inggris.

Intinya, CGI adalah Gambar yang di hasilkan/editan dari Komputer.

1. Foto Pertama Bumi?

Foto bumi pertama kali muncul di beri nama “Blue Marble” yang di rilis oleh NASA pada tahun 1972. Sedangkan teknologi CGI pada tahun 1972 masih bisa dibilang mewah dan video CGI pertama kali muncul pada tahun 1972 adalah video pendek berjudul: A computer Animated Hand : https://www.youtube.com/watch?v=wdedV81UQ5k

Secara tidak langsung, flat earth mengatakan NASA memiliki teknologi Jauh lebih canggih dan bisa menciptakan foto lebih nyata dibandingkan teknologi CGI yang baru pertama kali merilis video tersebut. Kenyataannya, film CGI pertama kali rilis pada tahun 1973 yaitu westworld, budget dair film ini mencapai $1,250,000 dan itupun hanya menghasilkan animasi CGI beberapa detik jauh dan jauh dari bagus, alias jelek banget. Ini berarti flat earth mengatakan bahwa NASA memiliki teknolog JAUH lebih canggil di bandingkan CGI itu sendiri.

Semua Foto Bumi Merupakan Hasil CGI/Editan
Adalah foto bumi pertama kali pada tahun 1972 source: https://en.wikipedia.org/wiki/The_Blue_Marble

 

Semua Foto Bumi Merupakan Hasil CGI/Editan
Adalah teknologi foto berwarna, sudah di temukan di tahun 1850an.

Sudah bisa dilihat, perkembangan teknologi foto berwarna sudah hampir satu abad lamanya, jika flat earth mengatakan “dizaman segitu kamera kok sudah bisa nangkap bumi?” yaa dilihat saja sob, perkembannya sudah 1 abad.

Di video flat earth menjelaskan, “semua foto bumi adalah CGI” ini adalah kalimat doktrin, agar teman-teman tidak mencarinya di google, terlebih di video sudah menampilkan hasil pencarian dari google images. Jika memang foto bumi di ambil pada tahun 1972 adalah editan CGI harusnya fotonya kotak-kotak.

2. Foto Bumi Tidak Konsisten?

Hal yang di gemborkan oleh flat earth adalah foto bumi tidak konsisten. Flat earth mengatakan foto bumi tidak konsisten karena setiap foto bumi terlaihat berbeda warnanya, Ini membuat asumsi baru bahwa foto bumi tergantung dari artis yang mengeditnya. Faktnya NASA mempunya banyak wahana yang sudah di luncurkan, dan setiap wahana memiliki teknologi kamera yang berbeda-beda. Selain faktor teknologi, faktor cahaya, cuaca bumi dan jarak pengambilan juga mempengaruhi, contoh nyata adalah foto zaman dahulu dengan zaman sekarang pasti berbeda hasil gambarnya.

Semua Foto Bumi Merupakan Hasil CGI/Editan
Pancoran zaman sekarang
pancoran tempo doeloe
pancoran tempo doeloe

Mengherankan Bukan?

 

Kesimpulan:

Poin pertama, Jika memang foto bumi pertama kali menggunakan CGI harusnya foto bumi saat itu kotak-kotak berbentuk bulat bumi. Kenyataannya tidak seperti itu. Poin kedua, pembuat video flat earth tidak menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi foto, mungkin dia tidak tahu, dan kalaupun tahu dia tidak akan memberi tahu itu di videonya. Ini merupakan pembodohan publik, kalau menurut saya ini adalah bangkitnya suatu kebodohan, bukan kesadaran. Dan yaa, Anda betul sekali, sekarang saya sedang mengurusi urusan bodoh berarti saya…bodoh. Yap, betul sekali.

Next Artikel akan saya bahas lagi Insya Allah, kalau saya lagi mood yak!

Referensi:

https://www.nasa.gov/topics/earth/images/index.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Pencitraan_hasil_komputer

https://en.wikipedia.org/wiki/Computer-generated_imagery

https://en.wikipedia.org/wiki/The_Blue_Marble

https://en.wikipedia.org/wiki/Color_photography

http://cdn2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/20170411-patung-dirgantara_20170411_073808.jpg

Youtube Crash

MyStupidTheory : www.mystupidtheory.com




Add Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *